بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم
Suri Tauladan Rasulullah SawTentang Ruqyah
Jampi-jampi Yang Dibolehkan Dalam Islam
Ruqyah (jampi-jampi) yang dibolehkan dalam islam yang diajarkan oleh Nabi SAW adalah sebagaimana dalam beberapa hadits berikut :
Ruqyah |
Dari ‘Auf bin Malik Al-Asyja’iy ia
berkata, “Dahulu kami biasa melakukan jampi-jampi di masa Jahiliyah,
lalu kami bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana pendapat engkau tentang
yang demikian itu?”. Rasulullah SAW menjawab, “Perlihatkanlah dulu
kepadaku bagaimana jampi-jampi kalian. Tidak mengapa menjampi selama tidak mengandung syirik”. [HR. Muslim juz 4, hal.1727]
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ اَنَّ
نَاسًا مِنْ اَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ ص كَانُوْا فِى سَفَرٍ فَمَرُّوْا
بِحَيّ مِنْ اَحْيَاءِ اْلعَرَبِ فَاسْتَضَافُوْهُمْ فَلَمْ
يُضِيْفُوْهُمْ. فَقَالُوْا لَهُمْ: هَلْ فِيْكُمْ رَاقٍ؟ فَاِنَّ سَيّدَ
اْلحَيّ لَدِيْغٌ اَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ: نَعَمْ،
فَاَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ،
فَاُعْطِيَ قَطِيْعًا مِنْ غَنَمٍ، فَاَبَى اَنْ يَقْبَلَهَا وَ قَالَ
حَتَّى اَذْكُرَ ذلِكَ لِلنَّبِيّ ص فَاَتَى النَّبِيَّ ص فَذَكَرَ ذلِكَ
لَهُ. فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ اللهِ مَا رَقَيْتُ اِلاَّ
بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَ قَالَ: وَ مَا اَدْرَاكَ اَنَّهَا
رُقْيَةٌ؟ ثُمَّ قَالَ خُذُوْا مِنْهُمْ وَ اضْرِبُوْا لِى بِسَهْمٍ
مَعَكُمْ. و فى رواية : فَجَعَلَ يَقْرَأُ اُمَّ اْلقُرْآنِ، وَ يَجْمَعُ
بُزَاقَهُ، وَ يَتْفُلُ فَبَرَأَ الرَّجُلُ. مسلم 4: 1727
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy bahwasanya
beberapa orang diantara shahabat Rasulullah SAW sedang dalam perjalanan
(musafir) lalu mereka melewati suatu kampung dari kampung-kampung Arab.
Mereka berharap bisa menjadi tamu di kampung tersebut, tetapi penduduk
kampung itu tidak mau menerimanya. Lalu penduduk kampung tersebut
bertanya kepada mereka, “Apakah diantara kalian ada orang yang bisa
menjampi?”. Karena kepala kampung di sini baru terkena sengatan. Seorang dari rombongan sahabat itu menjawab, “Ya, ada”. Lalu shahabat tersebut datang kepada kepala kampung tersebut dan menjampinya dengan Surat Al-Fatihah.
Ternyata kepala kampung itu sembuh, lalu shahabat tersebut diberi upah
beberapa ekor kambing. Tetapi shahabat yang menjampinya itu tidak mau
mengambilnya dan berkata, “Saya akan menyampaikannya dulu kepada Nabi
SAW”. Kemudian dia datang kepada Nabi SAW dan menceritakan hal tersebut
kepada beliau. Ia berkata, “Ya Rasulullah, demi Allah saya tidak menjampi kecuali dengan membacakan surat Al-Fatihah”.
Maka Nabi SAW tersenyum dan bersabda, “Darimana kau tahu bahwa surat
Al-Fatihah itu bisa untuk menjampi?”. Lalu beliau bersabda, “Ambillah
(kambing-kambing itu) dari mereka dan ikutkan saya dalam pembagian
kalian”. Dan dalam riwayat lain disebutkan, shahabat itu lalu membaca
Ummul Qur’an (Al-Fatihah) dan mengumpulkan ludahnya lalu meludahkannya
(pada yang sakit), maka sembuhlah kepala kampung itu. [HR. Muslim juz 4,
hal.1727]
Keterangan :
Dalam riwayat Ibnu Hibban juz 13 hal. 476 no. 6112 bahwa kambing tersebut berjumlah 30 ekor
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ
قَالَ: نَزَلْنَا مَنْزِلاً فَاَتَتْنَا امْرَأَةٌ فَقَالَتْ: اِنَّ سَيّدَ
اْلحَيّ سَلِيْمٌ لُدِغَ. فَهَلْ فِيْكُمْ مِنْ رَاقٍ؟ فَقَامَ مَعَهَا
رَجُلٌ مِنَّا. مَا كُنَّا نَظُنُّهُ يُحْسِنُ رُقْيَةً. فَرَقَاهُ
بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ فَبَرَأَ فَاَعْطَوْهُ غَنَمًا، وَ سَقَوْنَا
لَبَنًا فَقُلْنَا: اَكُنْتَ تُحْسِنُ رُقْيَةً؟ فَقَالَ: مَا رَقَيْتُهُ
اِلاَّ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. قَالَ، فَقُلْتُ: لاَ تُحَرّكُوْهَا حَتَّى
نَأْتِيَ النَّبِيَّ ص فَاَتَيْنَا النَّبِيَّ ص فَذَكَرْنَا ذلِكَ لَهُ،
فَقَالَ: مَا كَانَ يَدْرِيْهِ اَنَّهَا رُقْيَةٌ؟ اِقْسِمُوْا وَ
اضْرِبُوْا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ. مسلم 4: 1728
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata,
“Kami sedang beristirahat di suatu tempat, tiba-tiba seorang wanita
datang kepada kami dan berkata, “Sesungguhnya kepala kampung kami sedang sakit karena tersengat kalajengking.
Apakah diantara kalian ada yang bisa menjampi?”. Maka seseorang
diantara kami berdiri lalu pergi bersama wanita itu. Kami tidak menduga
sebelumnya, bahwa teman kami itu pandai menjampi. Lalu dia menjampi
kepala kampung itu dengan membaca surat Al-Fatihah, maka
sembuhlah (kepala kampung itu). Lalu orang-orang kampung memberinya
kambing dan memberi kami minum susu. Kami bertanya kepada teman kami,
“Apakah engkau memang pandai menjampi?”. Dia menjawab, “Aku hanya menjampinya dengan surat Al-Fatihah”.
Aku (Abu Sa’id) berkata, “Jangan kalian apa-apakan dulu kambing itu
sebelum kita datang melapor kepada Nabi SAW”. Kemudian kami datang
kepada Nabi SAW dan menuturkan hal itu kepada beliau. Mendengar
penuturan kami beliau bersabda, “Bukankah tidak ada yang memberitahu,
bahwa surat Al-Fatihah itu bisa untuk menjampi? Bagilah kambing-kambing
itu dan berilah aku bagian bersamamu”. [HR. Muslim juz 4, hal.1728]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: رَخَّصَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى الرُّقْيَةِ مِنَ اْلعَيْنِ وَ اْلحُمَةِ وَ النَّمْلَةِ. مسلم 4: 1725
Dari Anas (bin Malik), ia berkata, “Rasulullah SAW memperbolehkan menjampi untuk mengatasi sakit mata, racun dan luka di lambung”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1725]
عَنْ اَبِى الزُّبَيْرِ اَنَّهُ سَمِعَ
جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلُ: اَرْخَصَ النَّبِيُّ ص فِى رُقْيَةِ
اْلحَيَّةِ لِبَنِى عَمْرٍو، قَالَ اَبُو الزُّبَيْرِ: وَ سَمِعْتُ جَابِرَ
بْنَ عَبْدِ اللهِ يَقُوْلُ: لَدَغَتْ رَجُلاً مِنَّا عَقْرَبٌ وَ نَحْنُ
جُلُوْسٌ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ،
اَرْقِى؟ قَالَ: مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ اَنْ يَنْفَعَ اَخَاهُ
فَلْيَفْعَلْ.
Dari Abuz Zubair bahwasanya ia mendengar Jabir bin Abdullah berkata, “Nabi SAW membolehkan Bani ‘Amir menjampi (karena digigit) ular”. Abuz Zubair berkata, “Dan aku mendengar Jabir bin Abdullah berkata, “Seseorang diantara kami tersengat kalajengking.
Ketika itu kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW. Lalu ada orang
bertanya, “Ya Rasulullah, bolehkah aku menjampinya?” Rasulullah SAW
bersabda, “Barangsiapa diantara kalian bisa menolong saudaranya
(kawannya), hendaklah dia lakukan”. [HR. Muslim juz 4, hal.1726]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ
اللهِ ص عَنِ الرُّقَى فَجَاءَ آلُ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ اِلَى رَسُوْلِ
اللهِ ص فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّهُ كَانَتْ عِنْدَنَا
رُقْيَةٌ نَرْقِى بِهَا مِنَ اْلعَقْرَبِ وَ اِنَّكَ نَهَيْتَ عَنِ
الرُّقَى. قَالَ: فَعَرَضُوْهَا عَلَيْهِ. فَقَالَ: مَا اَرَى بَأْسًا مَنِ
اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ اَنْ يَنْفَعَ اَخَاهُ فَلْيَنْفَعْهُ. مسلم 4: 1726
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW
melarang jampi-jampi. Lalu datanglah keluarga ‘Amr bin Hazm kepada
Rasulullah SAW. Mereka berkata, “Ya Rasulullah, kami mempunyai jampi-jampi yang bisa untuk menjampi sengatan kalajengking.
Sedangkan engkau melarang jampi-jampi”. Lalu mereka memperlihatkan
jampi-jampi mereka kepada Rasulullah SAW. Maka Rasulullah SAW bersabda,
“Aku kira tidak apa-apa. Barangsiapa diantara kalian bisa menolong
saudaranya, hendaklah dia lakukan”. [HR. Muslim juz 4, hal.1726]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا مَرِضَ اَحَدٌ مِنْ اَهْلِهِ نَفَثَ عَلَيْهِ
بِالْمُعَوّذَاتِ. فَلَمَّا مَرِضَ مَرَضَهُ الَّذِيْ مَاتَ فِيْهِ
جَعَلْتُ اَنْفُثُ عَلَيْهِ وَ اَمْسَحُهُ بِيَدِ نَفْسِهِ ِلاَنَّهَا
كَانَتْ اَعْظَمَ بَرَكَةً مِنْ يَدِى. مسلم 4: 1723
Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Dahulu
Rasulullah SAW apabila salah seorang anggota keluarganya ada yang sakit,
beliau meniupkan padanya Al-Mu’awwidzaat. Maka ketika beliau
sakit yang menyebabkan beliau wafat, aku meniupkannya pada beliau, dan
aku mengusapkan dengan tangan beliau sendiri, karena tangan beliau lebih
besar berkahnya dari pada tanganku”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1723]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ ص كَانَ اِذَا اَخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ فِى يَدَيْهِ وَ قَرَأَ
بِاْلمُعَوّذَاتِ وَ مَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ. البخارى 7: 149
Dari ‘Aisyah RA bahwasanya Rasulullah SAW apabila akan tidur, beliau menghembuskan pada kedua tangannya, dan membaca Mu’awwidzaat (surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas), kemudian mengusapkan kedua tangannya ke tubuhnya. [HR. Bukhari juz 7, hal. 149]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص
كَانَ اِذَا اَوَى اِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ
نَفَثَ فِيْهِمَا فَقَرَأَ فِيْهِمَا قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ وَ قُلْ
اَعُوْذُ بِرَبّ اْلفَلَقِ وَ قُلْ اَعُوْذُ بِرَبّ النَّاسِ، ثُمَّ
يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى
رَأْسِهِ وَ وَجْهِهِ وَ مَا اَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ. يَفْعَلُ ذلِكَ
ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. البخارى 6:
Dari ‘Aisyah, bahwasanya Nabi SAW apabila
akan tidur setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya,
kemudian menghembus keduanya, lalu membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq
dan An-Naas, kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya itu ke
seluruh tubuhnya semaksimalnya, beliau memulai dari kepala, wajah dan
apa yang bisa dijangkau. Beliau melakukan yang demikian tiga kali. [HR.
Bukhari juz 6, hal. 106]
قَالَ اَنَسٌ لِثَابِتٍ: اَلاَ
اَرْقِيْكَ بِرُقْيَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص؟ قَالَ: بَلَى. قَالَ: اللّهُمَّ
رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ، اشْفِ اَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِيَ
اِلاَّ اَنْتَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا. البخارى 7:
Anas berkata kepada Tsaabit (yang sedang
sakit), “Maukah kamu aku ruqyah (jampi), sebagaimana Rasulullah SAW
meruqyah?”. Tsaabit berkata, “Mau”. Anas berkata, “Alloohumma robban-naas mudzhibal baasi, isyfi antasy-syaafii laa syaafiya illaa anta syifaa-an laa yughoodiru saqoma”
(Ya Allah Tuhannya seluruh manusia yang menghilangkan gangguan
(penyakit), sembuhkanlah dia, Engkaulah Penyembuh yang tidak ada
penyembuh kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak kambuh lagi). [HR.
Bukhari juz 7 hal. 24]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص
كَانَ يُعَوّذُ بَعْضَ اَهْلِهِ يَمْسَحُ بِيَدِهِ اْليُمْنَى وَ يَقُوْلُ:
اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاسَ وَ اشْفِهِ وَ اَنْتَ
الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا.
البخارى 7: 24
Dari ‘Aisyah RA bahwasanya Nabi SAW
memohonkan perlindungan untuk sebagian keluarganya, beliau mengusap
dengan tangan kanannya, lalu berdoa,“Alloohumma robban-naas adzhibil baasa wasyfihi wa antasy-syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughoodiru saqoma”
(Ya Allah Tuhannya seluruh manusia, hilangkanlah penyakitnya, dan
sembuhkanlah dia, dan Engkaulah penyembuh yang tidak ada kesembuhan
kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi). [HR.
Bukhari juz 7, hal. 24]
Keterangan :
Petunjuk Nabi SAW tentang wabah yang berjangkit di suatu daerah
Dari hadits-hadits diatas bisa dipahami bahwa ruqyah (jampi-jampi) yang tidak mengandung syirik itu tidak dilarang. Menurut riwayat Bukhari di atas, Nabi SAW biasa melakukan ruqyah ketika akan tidur, yaitu menghembus pada kedua tapak tangan yang disatukan dan membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas, lalu mengusapkan ke seluruh badan semaksimalnya. Dan ketika Nabi SAW menjenguk orang sakit, beliau juga melakukan ruqyah dengan membaca doa bagi orang sakit
Petunjuk Nabi SAW tentang wabah yang berjangkit di suatu daerah
عَنْ اُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلطَّاعُوْنُ آيَةُ الرّجْزِ اِبْتَلَى اللهُ
عَزَّ وَ جَلَّ بِهِ نَاسًا مِنْ عِبَادِهِ. فَاِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ فَلاَ
تَدْخُلُوْا عَلَيْهِ. وَ اِذَا وَقَعَ بِاَرْضٍ وَ اَنْتُمْ بِهَا فَلاَ
تَفِرُّوْا مِنْهُ. مسلم 4: 1738
Dari Usamah bin Zaid, ia berkata :
Rasulullah SAW besabda, “Penyakit tha’un (lepra) adalah tandanya hukuman
(siksa). Dengan penyakit tersebut Allah ‘Azza wa Jalla menguji manusia
dari hamba-hamba-Nya. Maka apabila kalian mendengar penyakit tersebut
menimpa (suatu daerah), janganlah kalian masuk ke daerah itu. Dan
apabila menimpa suatu daerah sedangkan (pada waktu itu) kamu berada
padanya, maka janganlah kalian lari darinya”. [HR. Muslim juz 4,
hal.1738]
عَنْ اُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ عَنْ
رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ قَالَ: اِنَّ هذَا اْلوَجَعَ اَوِ السَّقَمَ
رِجْزٌ عُذّبَ بِهِ بَعْضُ اْلاُمَمِ قَبْلَكُمْ. ثُمَّ بَقِيَ بَعْدُ
بِاْلاَرْضِ فَيَذْهَبُ اْلمَرَّةَ وَ يَأْتِى اْلاُخْرَى. فَمَنْ سَمِعَ
بِهِ بِاَرْضٍ فَلاَ يَقْدَمَنَّ عَلَيْهِ وَ مَنْ وَقَعَ بِاَرْضٍ وَ هُوَ
بِهَا فَلاَ يُخْرِجَنَّهُ اْلفِرَارُ مِنْهُ. مسلم 4: 1738
Dari Usamah bin Zaid, dari Rasulullah SAW,
bahwasanya beliau bersabda, “Sesungguhnya sakit (lepra) ini atau
penyakit ini adalah suatu siksa (hukuman) yang dengannya sebagian
ummat-ummat sebelum kalian dahulu disiksa. Kemudian setelah itu penyakit
tersebut menetap di bumi. Lalu penyakit itu suatu saat hilang, dan
suatu saat datang lagi. Maka barangsiapa yang mendengar bahwa penyakit
tha’un tersebut menimpa di suatu daerah, janganlah sekali-kali ia datang
kepadanya. Dan barangsiapa yang berada di suatu daerah yang sedang
ditimpa penyakit tersebut, maka jangan sekali-kali dia keluar karena
ingin menghindari”. [HR. Muslim juz 4, hal.1738]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ،
اَنَّ عُمَرَ بْنَ اْلخَطَّابِ خَرَجَ اِلَى الشَّامِ حَتَّى اِذَا كَانَ
بِسَرْغٍ لَقِيَهُ اَهْلُ اْلاَجْنَادِ اَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ اْلجَرَّاحِ
وَ اَصْحَابُهُ. فَاَخْبَرَهُ اَنَّ اْلوَبَاءَ قَدْ وَقَعَ بِالشَّامِ.
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: فَقَالَ عُمَرُ: اُدْعُ لِيَ اْلمُهَاجِرِيْنَ
اْلاَوَّلِيْنَ. فَدَعَوْتُهُمْ، فَاسْتَشَارَهُمْ وَ اَخْبَرَهُمْ اَنَّ
اْلوَبَاءَ قَدْ وَقَعَ بِالشَّامِ. فَاخْتَلَفُوْا، فَقَالَ بَعْضُهُمْ:
قَدْ خَرَجْتَ ِلاَمْرٍ وَ لاَ نَرَى اَنْ تَرْجِعَ عَنْهُ. وَ قَالَ
بَعْضُهُمْ: مَعَكَ بَقِيَّةُ النَّاسِ وَ اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص. وَ
لاَ نَرَى اَنْ تُقْدِمَهُمْ عَلَى هذَا اْلوَبَاءِ. فَقَالَ:
اِرْتَفِعُوْا عَنّى. ثُمَّ قَالَ: اُدْعُ لِيَ اْلاَنْصَارَ
فَدَعَوْتُهُمْ لَهُ. فَاسْتَشَارَهُمْ فَسَلَكُوْا سَبِيْلَ
اْلمُهَاجِرِيْنَ، وَ اخْتَلَفُوْا كَاخْتِلاَفِهِمْ. فَقَالَ:
اِرْتَفِعُوْا عَنّى. ثُمَّ قَالَ: اُدْعُ لِى مَنْ كَانَ ههُنَا مِنْ
مَشْيَخَةِ قُرَيْشٍ مِنْ مَهَاجِرَةِ اْلفَتْحِ. فَدَعَوْتُهُمْ فَلَمْ
يَخْتَلِفْ عَلَيْهِ رَجُلاَنِ. فَقَالُوْا نَرَى اَنْ تَرْجِعَ بِالنَّاسِ
وَ لاَ تُقْدِمْهُمْ عَلَى هذَا اْلوَبَاءِ. فَنَادَى عُمَرُ فِى
النَّاسِ. اِنِّى مُصْبِحٌ عَلَى ظَهْرٍ فَاَصْبِحُوْا عَلَيْهِ. فَقَالَ
اَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ اْلجَرَّاحِ: أَ فِرَارًا مِنْ قَدَرِ اللهِ؟
فَقَالَ عُمَرُ: لَوْ غَيْرُكَ قَالَهَا يَا اَبَا عُبَيْدَةَ. (وَ كَانَ
عُمَرُ يَكْرَهُ خِلاَفَهُ). نَعَمْ، نَفِرُّ مِنْ قَدَرِ اللهِ اِلَى
قَدَرِ اللهِ. أَ رَاَيْتَ لَوْ كَانَتْ لَكَ اِبِلٌ فَهَبَطْتَ وَادِيًا
لَهُ عُدْوَتَانِ اِحْدَاهُمَا خَصْبَةٌ وَ اْلاُخْرَى جَدْبَةٌ أَ لَيْسَ
اِنْ رَعَيْتَ اْلخَصْبَةَ رَعَيْتَهَا بِقَدَرِ اللهِ، وَ اِنْ رَعَيْتَ
اْلجَدْبَةَ رَعَيْتَهَا بِقَدَرِ اللهِ؟ قَالَ فَجَاءَ عَبْدُ الرَّحْمنِ
بْنُ عَوْفٍ، وَ كَانَ مُتَغَيّبًا فِى بَعْضِ حَاجَتِهِ، فَقَالَ: اِنَّ
عِنْدِى مِنْ هذَا عِلْمًا. سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِذَا
سَمِعْتُمْ بِهِ بِاَرْضٍ فَلاَ تَقْدَمُوْا عَلَيْهِ. وَ اِذَا وَقَعَ
بِاَرْضٍ وَ اَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوْا فِرَارًا مِنْهُ. قَالَ:
فَحَمِدَ اللهَ عُمَرُ بْنُ اْلخَطَّابِ ثُمَّ انْصَرَفَ. مسلم 4: 1740
Dari Abdullah bin Abbas, bahwasanya Umar
bin Khaththab pergi ke negeri Syam. Ketika Umar sampai di kota Saragh
(kota di pinggiran Syam dari arah Hijaz), dia ditemui oleh
pimpinan-pimpinan beberapa kota di Syam, yaitu Ubaidah bin Jarrah dan
shahabat-shahabatnya. Mereka memberitahu Umar bahwa wabah sedang
berjangkit di negeri Syam. Ibnu Abbas berkata, “Umar lalu berkata,
“Panggilkan untukku orang-orang Muhajirin yang pertama”. Lalu aku
panggilkan mereka. Kemudian Umar bermusyawarah dengan mereka dan
memberitahu mereka bahwa wabah telah berjangkit di negeri Syam. Lalu
mereka berbeda pendapat. Sebagian mereka berkata, “Sungguh engkau keluar
untuk suatu urusan yang penting, maka kami tidak setuju kalau kamu
kembali”. Dan sebagian mereka berkata, “Engkau diikuti oleh orang banyak
dan shahabat-shahabat Rasulullah SAW, maka kami tidak setuju kalau kamu
membawa mereka itu menuju ke wabah ini”. Lalu Umar berkata,
“Tinggalkanlah aku”. Kemudian dia berkata, “Panggilkan untukku
orang-orang Anshar”. (Ibnu Abbas) berkata, “Lalu aku panggilkan mereka.
Kemudian Umar bermusyawarah dengan mereka. Dan ternyata orang-orang
Anshar itupun sama seperti orang-orang Muhajirin tadi, yaitu orang-orang
Anshar itu berbeda pendapat seperti orang-orang Muhajirin”. Maka Umar
berkata, “Tinggalkanlah aku!”. Kemudian Umar berkata, “Panggilkan
untukku sesepuh-sesepuh Quraisy yang hijrah pada waktu Fathu Makkah
(orang-orang yang masuk Islam sebelum Fathu Makkah)!” Maka aku
panggilkan mereka itu. Dan ternyata mereka itu satu pendapat, tidak
terjadi perbedaan pendapat diantara dua orang. Mereka berkata : “Kami
berpendapat, bahwasanya engkau harus kembali membawa orang-orang ini dan
jangan engkau membawa mereka datang ke wabah itu”. Kemudian Umar
menyeru kepada orang banyak, “Sesungguhnya aku bersiap-siap naik
kendaraan untuk pulang, maka bersiap-siaplah kalian!”. Maka Abu Ubaidah
bin Jarrah berkata, “Apakah akan lari dari taqdir Allah?”. Umar
menjawab, “Seandainya bukan kamu yang mengatakan begitu hai Abu Ubaidah,
(saya tidak heran)”. Dan Umar tidak suka berselisih dengannya. (Umar
berkata ), “Ya, kita lari dari taqdir Allah menuju kepada taqdir Allah
yang lain. Bagaimana pendapatmu, kalau kamu mempunyai onta yang kamu
bawa turun ke suatu lembah yang mempunyai dua sisi, yang satu subur dan
yang satunya lagi tandus. Bukankah jika kamu menggembalakannya pada sisi
yang subur itu berarti kamu menggembalakannya dengan taqdir Allah? Dan
jika kamu menggembalakannya pada sisi yang tandus itupun berarti kamu
menggembalakannya dengan taqdir Allah?”. Kemudian Abdurrahman bin ‘Auf
datang dari (bepergian karena) suatu keperluan. Kemudian ia berkata,
“Sesungguhnya saya mempunyai ilmu tentang hal ini. Saya pernah mendengar
Raulullah SAW bersabda, “Apabila kalian mendengar di suatu daerah
(terjangkit wabah), maka janganlah kalian masuk ke daerah itu. Dan
apabila wabah itu berjangkit di suatu daerah sedang kamu berada padanya,
maka janganlah kalian keluar melarikan diri dari daerah tersebut”.
(Ibnu Abbas) berkata, “Lalu Umar bin Khaththab memuji Allah, kemudian
kembali dan meninggalkan tempat itu”. [HR. Muslim juz 4, hal. 1740]
Baca juga Larangan mendatangi dukun
سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar