Rabu, 10 September 2014

Jibril mengajarkan Sholat kepada Nabi

Waktu Untuk Shalat
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Waktu Shalat Wajib

waktu untuk shalat wajibWaktu-waktunya dalam shalat sebagaimana akan dijelaskan dalam Firman Allah SWT dan dalam hadits Nabi SAW sebagai berikut :
نَّ الصَّلوةَ كَانَتْ عَلَى اْلمُؤْمِنِيْنَ كِتبًا مَّوْقُوْتًا. النساء:103
Sesungguhnya shalat itu adalah kewaji­ban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. [QS. An-Nisa' : 103]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: وَقْتُ صَلاَةِ الظُّهْرِ مَا لَمْ يَحْضُرِ اْلعَصْرُ، وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ الشَّفَقِ. وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلعِشَاءِ اِلىَ نِصْفِ اللَّيْلِ، وَوَقْتُ صَلاَةِ اْلفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. احمد و مسلم والنسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار 1: 357.
Dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Waktu shalat Dhuhur itu selama belum datang waktu 'Ashar, waktu shalat 'Ashar itu selama matahari belum menguning, waktu shalat Maghrib itu selama tersebarnya cahaya merah belum hilang, waktu shalat 'Isya' itu sampai tengah malam, dan waktu shalat Shubuh itu selama matahari belum terbit". [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 357]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلشَّفَقُ اْلحُمْرَةُ، فَاِذاَ غَابَ الشَّفَقُ وَجَبَتِ الصَّلاَةُ. الدارقطنى، فى نيل الاوطار 2: 11
Dari Ibnu 'Umar, bahwa Nabi SAW bersabda, "Syafaq itu adalah cahaya merah, karena itu apabila syafaq telah terbe­nam, maka tibalah waktu shalat 'Isyak ". [HR. Daruquthni, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 11].
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ جِبْرِيْلَ اَتَى النَّبِيَّ ص يُعَلّمُهُ مَوَاقِيْتَ الصَّلاَةِ، فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى الظُّهْرَ حِيْنَ زَالَتِ الشَّمْسُ، فَاَتَاهُ حِيْنَ كَانَ الظّلُّ مِثْلَ شَخْصِهِ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى اْلعَصْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى اْلمَغْرِبَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ غَابَ الشَّفَقُ فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى اْلعِشَاءَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ اِنْشَقَّ اْلفَجْرُ فَتَقَدَّمَ جِبْرِيْلُ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَلْفَهُ وَ النَّاسُ خَلْفَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَصَلَّى اْلغَدَاةَ. النسائى 1: 255
Dari Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : bahwasanya malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW mengajarkan waktu-waktu shalat (wajib). Lalu Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya, dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu shalat Dluhur ketika matahari telah tergelincir. Kemudian Jibril datang kepada Nabi ketika bayangan seseorang sama panjangnya, lalu dia melakukan sebagaimana yang telah ia lakukan, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW lalu shalat 'Ashar. Kemudian Jibril datang lagi ketika matahari terbenam, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu shalat Maghrib. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika telah hilang cahaya merah, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu shalat 'Isyak. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika terbit fajar, Jibril maju dan Rasulullah SAW berdiri di belakangnya, dan orang-orang berdiri di belakang Rasulullah SAW, lalu shalat Shubuh. [HR. Nasai juz 1, hal. 255]
ثُمَّ اَتَاهُ اْليَوْمَ الثَّانِيَ حِيْنَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ مِثْلَ شَخْصِهِ فَصَنَعَ مِثْلَ مَا صَنَعَ فِى اْلاَمْسِ فَصَلَّى الظُّهْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ مِثْلَ شَخْصَيْهِ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ فِى اْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلعَصْرَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلمَغْرِبَ، فَنِمْنَا ثُمَّ قُمْنَا ثُمَّ نِمْنَا ثُمَّ قُمْنَا، فَاَتَاهُ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلعِشَاءَ، ثُمَّ اَتَاهُ حِيْنَ اِمْتَدَّ اْلفَجْرُ وَ اَصْبحَ وَ النُّجُوْمَ بَادِيَةٌ مُشْتَبِكَةٌ فَصَنَعَ كَمَا صَنَعَ بِاْلاَمْسِ فَصَلَّى اْلغَدَاةَ. ثُمَّ قَالَ: مَا بَيْنَ هَاتَيْنِ الصَّلاَتَيْنِ وَقْتٌ. النسائى 1: 255
Kemudian pada hari kedua Jibril datang lagi kepada beliau ketika bayangan seseorang sama dengan panjangnya, lalu melakukan seperti yang telah dilakukan kemarin, lalu shalat Dluhur. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika bayangan seseorang dua kali panjangnya, lalu melakukan sebagaimana yang telah dilakukan kemarin, lalu shalat 'Ashar. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika matahari terbenam, lalu melakukan sebagaimana yang dilakukan kemarin, lalu shalat Maghrib. Kemudian kami tidur, lalu bangun, lalu tidur lagi, lalu bangun, kemudian Jibril datang lagi kepada beliau, lalu melakukan sebagaimana yang dilakukan kemarin, lalu shalat 'Isyak. Kemudian Jibril datang lagi kepada beliau ketika waktu fajar sudah lama dan sudah pagi tetapi bintang-bintang masih tampak jelas, lalu melakukan sebagaimana yang dilakukan kemarin, lalu shalat Shubuh. Kemudian Nabi SAW bersabda, "Antara dua waktu shalat inilah waktunya shalat-shalat fardlu". [HR. Nasai juz 1, hal. 255]
عَنْ سَلَمَةَ بْنِ اْلاَكْوَعِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى اْلمَغْرِبَ اِذَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ وَتَوَارَتْ بِاْلحِجَابِ. الجماعة الا النسائى، فى نيل الاوطار 2: 3.
Dari Salamah bin Al-Akwa', sesungguhnya Rasulullah SAW shalat Maghrib ketika matahari telah terbenam dan bersembunyi di balik hijab. [HR. Jama'ah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 3].
عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيْجٍ يَقُوْلُ: كُنَّا نُصَلّى اْلمَغْرِبَ مَعَ النَّبِيّ ص وَ يَنْصَرِفُ اَحَدُنَا وَ اِنَّهُ لَيُبْصِرُ مَوَاقِعَ نَبْلِهِ. البخارى 1: 140
Dari Rafi' bin Khadiij, ia berkata, "Kami dahulu shalat Maghrib bersama Rasulullah SAW. Setelah pulang, seseorang dari kami masih bisa melihat tempat jatuhnya anak panahnya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 140]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى الظُّهْرَ بِاْلهَاجِرَةِ وَاْلعَصْرَ وَالشَّمْسُ نَقِيَّةٌ، وَاْلمَغْرِبَ اِذَا وَجَبَتِ الشَّمْسُ، وَاْلعِشَاءَ اَحْيَانًا يُؤَخّرُهَا وَاَحْيَانًا يُعَجّلُهَا: اِذَا رَاهُمُ اجْتَمَعُوْا عَجَّلَ، وَاِذَا رَاهُمْ اَبْطَأُوْا اَخَّرَ. وَالصُّبْحُ كَانُوْا - اَوْ كَانَ النَّبِيُّ ص - يُصَلّيْهَا بِغَلَسٍ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 14.
Dari Jabir, ia berkata : Adalah Nabi SAW shalat Dluhur di tengah hari, dan shalat 'Ashar pada waktu matahari putih bersih, dan shalat Maghrib setelah matahari terbenam, dan shalat 'Isya' terkadang beliau mengakhirkannya dan terkadang menyegera­kannya. Apabila beliau melihat orang-orang sudah berkumpul, maka beliau menyegerakannya dan apabila beliau melihat mereka berlam­bat, beliau mengakhirkannya dan untuk shalat Shubuh mereka atau Nabi SAW shalat diwaktu masih gelap". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 14]

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُؤَخّرُاْلعِشَاءَ اْلاخِرَةَ. احمد و مسلم و النسائى. فى نيل الاوطار 2: 13
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah mengakhirkan shalat Isya' sampai akhir malam". [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 13].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِي َلاَمَرْتُهُمْ اَنْ يُؤَخّرُوا اْلعِشَاءَ اِلىَ ثُلُثِ اللَّيْلِ. اَو ْنِصْفِهِ. احمد وابن ماجه و الترمذى وصححه، فى نيل الاوطار 2: 13.
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Seandainya tidak akan memberat­kan ummatku, nisaya aku perintahkan mereka mengakhirkan shalat 'Isya' sampai sepertiga malam, atau tengah malam". [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi. Dan Tirmidzi mengesahkannya, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 13].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: وَقْتُ الظُّهْرِ مَا لَمْ يَحْضُرِ اْلعَصْرُ وَ وَقْتُ اْلعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشّمْسُ وَ وَقْتُ اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَسْقُطْ ثَوْرُ الشَّفَقِ وَ وَقْتُ اْلعِشَاءِ اِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ وَ وَقْتُ اْلفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. مسلم 1: 427
Dari 'Abdullah bin 'Amr, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Waktu Dluhur adalah selama belum tiba waktu 'Ashar. Waktu 'Ashar adalah selama matahari belum berwarna kuning. Waktu Maghrib adalah selama belum hilang cahaya merah. Waktu 'Isyak adalah sampai tengah malam. Dan waku Shubuh adalah selama belum terbit matahari. [HR. Muslim juz 1, hal. 427]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: وَقْتُ الظُّهْرِ اِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَ كَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُوْلِهِ مَا لَمْ يَحْضُرِ اْلعَصْرُ، وَ وَقْتُ اْلعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ وَ وَقْتُ صَلاَةِ اْلمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ وَ وَقْتُ صَلاَةِ اْلعِشَاءِ اِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ اْلاَوْسَطِ وَ وَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوْعِ اْلفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ. مسلم 1: 427
Dari 'Adullah bin 'Amr, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda. Waktu shalat Dluhur ialah manakala matahari sudah condong ke barat (hingga) bayang-bayang seseorang sama dengan panjangnya, dan selama belum tiba waktu 'Ashar. Waktu 'Ashar adalah selama matahari belum berwarna kuning. Waktu Maghrib adalah selama belum hilang mega atau awan merah. Waktu 'Isyak adalah sampai tengah malam. Waktu Shubuh adalah sejak terbit fajar selama matahari belum terbit". [HR. Muslim juz 1, hal. 427]
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّ رَجُلاً سَأَلَهُ عَنْ وَقْتِ الصَّلاَةِ، فَقَالَ لَهُ: صَلّ مَعَنَا هذَيْنِ (يَعْنِى اْليَوْمَيْنِ) فَلَمَّا زَالَتِ الشَّمْسُ اَمَرَ بِلاَلاً فَاَذَّنَ ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ الظُّهْرَ . ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلعَصْرَ وَ الشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلمَغْرِبَ حِيْنَ غَابَتِ الشَّمْسُ. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلعِشَاءَ حِيْنَ غَابَ الشَّفَقُ. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلفَجْرَ حِيْنَ طَلَعَ اْلفَجْرُ. فَلَمَّا اَنْ كَانَ اْليَوْمُ الثَّانِى اَمَرَهُ فَاَبْرَدَ بِالظُّهْرِ فَاَبْرَدَ بِهَا فَاَنْعَمَ اَنْ يُبْرِدَ بِهَا. وَ صَلَّى اْلعَصْرَ وَ الشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ اَخَّرَهَا فَوْقَ الَّذِى كَانَ، وَ صَلَّى اْلمَغْرِبَ قَبْلَ اَنْ يَغِيْبَ الشَّفَقُ. وَ صَلَّى اْلعِشَاءَ بَعْدَ مَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ وَ صَلَّى اْلفَجْرَ فَاَسْفَرَ بِهَا. ثُمَّ قَالَ: اَيْنَ السَّائِلُ عَنْ وَقْتِ الصَّلاَةِ؟. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: وَقْتُ صَلاَتِكُمْ بَيْنَ مَا رَأَيْتُمْ. مسلم 1: 428
Dari Sulaiman bin Buraidah dari bapaknya dari Nabi SAW bahwasanya ada seorang laki-laki bertanya kepada beliau tentang waktu shalat (fardlu). Maka beliau bersabda kepadanya, "Shalatlah bersama kami dua hari ini". Maka setelah matahari tergelincir beliau menyuruh Bilal supaya adzan, lalu Bilal adzan. Kemudian beliau menyuruhnya untuk iqamah, lalu Bilal iqamah untuk shalat Dluhur. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah shalat 'Ashar, sedangkan pada waktu itu matahari masih tinggi bersinar putih bersih. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah shalat Maghrib ketika matahari terbenam. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah, lalu Bilal iqamah shalat 'Isyak ketika telah hilang cahaya merah. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah, lalu Bilal iqamah shalat Shubuh ketika terbit fajar. Kemudian pada hari kedua beliau menyuruh Bilal untuk menangguhkan shalat Dluhur hingga dingin, lalu Bilal menangguhkannya, Beliau menyuruh menangguhkannya lagi hingga dingin. Dan beliau shalat 'Ashar pada waktu matahari masih tinggi, tetapi lebih sore daripada hari sebelumnya. Dan beliau shalat Maghrib sebelum hilang cahaya merah. Dan beliau shalat 'Isyak setelah berlalu sepertiga malam. Dan beliau shalat Shubuh ketika waktu sudah terang. Lalu beliau bersabda, "Dimanakah orang yang menanyakan tentang waktu shalat "(fardlu) ?". Kemudian seorang laki-laki menjawab, "Saya, ya Rasulullah". Beliau bersabda, "Waktu shalat kalian adalah antara waktu-waktu yang telah kalian ketahui tadi" [HR. Muslim juz 1, hal. 428]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اَعْتَمَ النَّبِيُّ ص ذَاتَ لَيْلَةٍ حَتَّى ذَهَبَ عَامَّةُ اللَّيْلِ وَ حَتَّى نَامَ اَهْلُ اْلمَسْجِدِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى فَقَالَ: اِنَّهُ لَوَقْتُهَا لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِى. مسلم 1: 442
Dari 'Aisyah, ia berkata : Pada suatu malam Nabi SAW pernah mengakhirkan shalat 'Isyak hingga berlalu sebagian besar malam, dimana orang-orang yang di masjid sama tidur, kemudian beliau keluar, lalu shalat ('Isyak), kemudian beliau bersabda, "Sesungguhnya ini adalah waktunya, sekiranya aku tidak memberatkan ummatku". [HR. Muslim juz 1, hal. 442]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كُنَّ نِسَاءُ اْلمُؤْمِنَاتِ يَشْهَدْنَ مَعَ النَّبِيّ ص صَلاَةَ اْلفَجْرِ مُتَلَفّعَاتٍ ِبمُرُوْطِهِنَّ. ثُمَّ يَنْقَلِبْنَ اِلىَ بُيُوْتِهِنَّ حِيْنَ يَقْضِيْنَ الصَّلاَةَ لاَيَعْرِفُهُنَّ اَحَدٌ، مِنَ اْلغَلَسِ. الجماعة، فى نيل الاوطار 2: 19
Dari 'Aisyah, ia berkata, "Orang-orang mu'min perempuan ikut shalat Shubuh bersama Nabi SAW dengan membalutkan selimut mereka. Kemudian mereka kembali ke rumah-rumah mereka setelah selesai shalat, sedang satu sama lain tidak saling mengenalnya, karena (masih) gelap". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 19].
عَنْ اَبِى مَسْعُوْدٍ اَْلاَنْصَارِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَلَّى صَلاَةَ الصُّبْحِ مَرَّةً بِغَلَسٍ، ثُمَّ صَلَّى مَرَّةً اُخْرَى فَاَسْفَرَ بِهَا، ثُمَّ كَانَتْ صَلاَتُهُ بَعْدَ ذلِكَ التَّغْلِيْسَ حَتَّى مَاتَ، لَمْ يَعُدْ اِلىَ اَنْ يُسْفِرَ. ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 21
Dari Abu Mas'ud Al-Anshariy, bahwa Rasulullah SAW (pernah) shalat Shubuh pada suatu saat di waktu gelap. Kemudian di lain saat beliau shalat shubuh ketika sudah sangat terang. Kemudian sesudah itu beliau selalu shalat Shubuh pada waktu masih gelap, tidak pernah lagi shalat Shubuh di waktu sangat terang sampai beliau meninggal dunia. [HR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 21].

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى الظُّهْرَ اِذَا دَحَضَتِ الشَّمْسُ. احمد و مسلم وابن ماجه وابو داود، فى نيل الاوطار 1: 354
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, "Adalah Nabi SAW, shalat Dhuhur ketika matahari sudah tergelincir". [HR. Ahmad, Muslim, Ibnu Majah dan Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 354].

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا كَانَ اْلحَرُّ اَبْرَدَ بِالصَّلاَةِ وَ اِذَا كَانَ اْلبَرْدُ عَجَّلَ. النسائى، فى نيل الاوطار 1: 354
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Adalah Nabi SAW apabila keadaan cuaca sangat panas, ia mengakhirkan shalat (Dhuhur) sampai dingin. Dan apabila keadaan dingin, beliau segera mengerjakan shalat (Dhuhur)". [HR. Nasai, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 354].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَااشْتَدَّ اْلحَرُّ فَاَبْرِدُوْا بِالصَّلاَةِ فَاِنَّ شِدَّةَ اْلحَرّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ. الجماعة، فى نيل الاوطار1: 356
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila keadaannya sangat panas, maka akhirkanlah shalat sampai dingin, karena sesungguhnya sangat panas itu dari hembusan (uapnya) neraka". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 356].
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى اْلعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ حَيَّةٌ فَذَهَبَ الذَّاهِبُ اِلىَ اْلعَوَاليِ فَيَأْتِيْهِمْ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ. الجماعة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 1: 361
Dari Anas, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW shalat 'Ashar, ketika itu matahari masih tinggi dan panas, lalu orang pergi ke kampung (sekitar Madinah), lalu ia datang kembali kepada keluarganya, sedang matahari masih tinggi". [HR. Jamaah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 361].
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ ص اْلعَصْرَ، فَاَتَاهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلَمَةَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اِنَّا نُرِيْدُ اَنْ نَنْحَرَ جَزُوْراً لَنَا. وَاِنَّا نُحِبُّ اَنْ تَحْضُرَهَا. قَالَ. نَعَمْ. فَانْطَلَقَ وَانْطَلَقْنَا مَعَهُ، فَوَجَدْنَا اْلجَزُوْرَ لَمْ تُنْحَرْ. فَنُحِرَتْ ثُمَّ قُطّعَتْ ثُم َّطُبِخَ مِنْهَا ثُمَّ اَكَلْنَا قَبْلَ اَنْ تَغِيْبَ الشَّمْسُ. مسلم، فى نيل الاوطار 1: 361
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW shalat 'Ashar bersama kami (setelah selesai shalat), lalu seorang laki-laki dari Bani Salamah datang kepada beliau, kemudian ia berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya kami akan menyembelih seekor unta milik kami, dan kami menginginkan engkau menghadirinya". Beliau SAW menjawab, "Baiklah". Kemudian Nabi SAW berangkat dan kamipun berangkat bersamanya, ternyata kami dapati unta itu belum disembelih, lalu unta itupun segera dis­embelih kemudian dipotong-potong (dagingnya), lalu sebagian dagingnya dimasak, kemudian kami makan sebelum matahari terbenam". [HR. Muslim, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 361]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: تِلْكَ صَلاَةُ اْلمُنَافِقِ: يَجْلِسُ يَرْقُبُ الشَّمْسَ، حَتَّى اِذَا كَانَتْ بَيْنَ قَرْنَيِ الشَّيْطَانِ قَامَ فَنَقَرَهَا اَرْبَعًا. لاَ يَذْكُرُاللهَ اِلاَّ قَلِيْلاً. الجماعة الا البخارى وابن ماجه، فى نيل الاوطار 1: 359
Dari Anas (bin Malik) ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Itu adalah shalatnya orang munafiq. Yaitu, ia menunggu sambil mengintai matahari, sehingga apabila matahari berada diantara dua tanduk syaithan, ia berdiri shalat lalu ia cepatkan shalatnya (seperti ayam mematuk makanan) empat raka'at, ia tidak mengingat kepada Allah dalam shalatnya itu kecuali sedikit". [HR. Jama'ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 359]
Orang yang mendapatkan satu rekaat pada waktunya berarti dia mendapatkan shalat itu.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ اَدْرَكَ مِنَ الصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلَ اَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فَقَدْ اَدْرَكَ الصُّبْحَ. وَ مَنْ اَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ اْلعَصْرِ قَبْلَ اَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ اَدْرَكَ اْلعَصْرَ. الجماعة، فى نيل الاوطار 2: 24
Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa mendapatkan satu rekaat dari shalat Shubuh sebelum matahari terbit, maka berarti dia telah mendapatkan Shubuh itu (keseluruhannya). Dan barangsiapa mendapatkan satu rekaat dari shalat ‘Ashar sebelum matahari terbenam, maka berarti dia telah mendapatkan ‘Ashar itu (keseluruhannya)”. [HR. Jama’ah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 24]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ اَدْرَكَ مِنَ اْلعَصْرِ سَجْدَةً قَبْلَ اَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ اَوْ مِنَ الصُّبْحِ قَبْلَ اَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فَقَدْ اَدْرَكَهَا. احمد و مسلم و النسائى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 24
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang mendapatkan satu sujud dari shalat ‘Ashar sebelum matahari terbenam, atau (satu sujud) dari shalat Shubuh sebelum matahari terbit, maka berarti dia telah mendapatkan shalat itu (keseluruhan)”. [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 24]
Keterangan :
Yang dimaksud “satu sujud”, disini ialah : satu rekaat.
Mengerjakan shalat di luar waktu karena lupa
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلّهَا اِذَا ذَكَرَهَا. لاَ كَفَّارَةَ لَهَا اِلاَّ ذلِكَ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 28
Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi SAW telah bersabda, Barangsiapa lupa satu shalat, maka shalatlah ketika ia ingat. Tidak ada kafarat untuknya melainkan itu”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 28]

و لمسلم اِذَا رَقَدَ اَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلاَةِ اَوْ غَفَلَ عَنْهَا فَلْيُصَلّهَا اِذَا ذَكَرَهَا. فَاِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ يَقُوْلُ: اَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِيْ. فى نيل الاوطار 2: 28
Dan bagi Muslim, dikatakan, “Apabila salah seorang diantara kamu tidur dan belum shalat atau lupa shalat, maka shalatlah ketika ia ingat. Karena Allah ‘Azza wa Jalla telah berfirman : Dirikanlah shalat kerena ingat kepada-Ku (QS. Thaahaa : 14)”. [Dalam Nailul Authar juz 2, hal. 28]
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ قَالَ: ذَكَرُوْا لِلنَّبِيّ ص نَوْمَهُمْ عَنِ الصَّلاَةِ فَقَالَ: اِنَّهُ لَيْسَ فِى النَّوْمِ تَفْرِيْطٌ. اِنَّمَا التَّفْرِيْطُ فِى اْليَقْظَةِ فَاِذَا نَسِيَ اَحَدُكُمْ صَلاَةً اَوْ نَامَ عَنْهَا فَلْيُصَلّهَا اِذَا ذَكَرَهَا. النسائى و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 2: 30
Dari Abu Qatadah, ia berkata : (Shahabat-shahabat) menceritakan kepada Nabi SAW tentang tertidurnya mereka dari mengerjakan shalat, lalu Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam tidur itu tidak ada keteledoran, karena (yang dinamakan keteledoran) itu hanyalah dalam keadaan jaga. Oleh karena itu apabila salah seorang diantara kamu lupa shalat atau tertidur, maka shalatlah ketika ingat”. [HR. Nasai dan Tirmidzi, dan Tirmidzi mengesahkannya, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 30]
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ فِى قِصَّةِ نَوْمِهِمْ عَنِ صَلاَةِ اْلفَجْرِ قَالَ: ثُمَّ اَذَّنَ بِلاَلٌ بِالصَّلاَةِ فَصَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ صَلَّى اْلغَدَاةَ فَصَنَعَ كَمَا كَانَ يَصْنَعُ كُلَّ يَوْمٍ. احمد و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 31
Dari Abu Qatadah tentang kisah tidur mereka dan belum shalat Shubuh, ia berkata :Kemudian Bilal adzan untuk shalat Shubuh itu, lalu Rasulullah SAW shalat (sunnah) dua rekaat. Kemudian beliau shalat Shubuh. Maka beliau berbuat sebagaimana yang biasa diperbuat setiap hari”. [HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 31]
                                          
Tertib dalam mengerjakan shalat, walaupun dikerjakan di luar waktunya
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ عُمَرَ جَاءَ يَوْمَ اْلخَنْدَقِ بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ فَجَعَلَ يَسُبُّ كُفَّارَ قُرَيْشٍ وَ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا كِدْتُ اُصَلّى اْلعَصْرَ حَتَّى كَادَتِ الشَّمْسُ تَغْرُبُ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص. وَ اللهِ مَا صَلَّيْتُهَا فَتَوَضَّأَ وَ تَوَضَّأْنَا فَصَلَّى اْلعَصْرَ بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهَا اْلمَغْرِبَ. متفق عليه، فى نيل الاوطار 2: 33
Dari Jabir bin 'Abdullah bahwa 'Umar datang pada hari perang Khandaq setelah matahari terbenam, lalu ia mencaci orang-orang kafir Quraisy sambil berkata, "Ya Rasulullah, saya hampir tidak dapat mengerjakan shalat 'Ashar, hingga matahari terbenam. Kemudian Nabi SAW menjawab, "Demi Allah, aku belum mengerjakannya". Lalu Nabi SAW berwudlu dan kami pun berwudlu. Kemudian beliau shalat, 'Ashar setelah matahari terbenam. Kemudian sesudah itu beliau shalat Maghrib". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 33]
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ قَالَ: حُبِسُنَا يَوْمَ اْلخَنْدَقِ عَنِ الصَّلاَةِ حَتَّى كَانَ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ بِهَوِيّ مِنَ اللَّيْلِ كُفِيْنَا وَ ذلِكَ قَوْلُ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ (وَ كَفَى اللهُ اْلمُؤْمِنِيْنَ اْلقِتَالَ. وَ كَانَ اللهُ قَوِيًّا عَزِيْزًا) قَالَ: فَدَعَا رَسُوْلُ اللهِ ص بِلاَلاً فَاَقَامَ الظُّهْرَ وَ صَلاَّهَا فَاَحْسَنَ صَلاَتَهَا كَمَا كَانَ يُصَلّيْهَا فِى وَقْتِهَا. ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلعَصْرَ فَصَلاَّهَا فَاَحْسَنَ صَلاَتَهَا كَمَا كَانَ يُصَلّيْهَا فِى وَقْتِهَا، ثُمَّ اَمَرَهُ فَاَقَامَ اْلمَغْرِبَ فَصَلاَّهَا كَذلِكَ، قَالَ وَ ذلِكَ قَبْلَ اَنْ يُنْزِلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ فِى صَلاَةِ اْلخَوْفِ. فَاِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالاً اَوْ رُكْبَانًا. احمد و النسائى و لم يذكر المغرب، فى نيل الاوطار 2: 33
Dari Abu Sa'id, ia berkata : Kami pernah terhalang pada hari perang Khandaq sehingga tidak dapat mengerjakan shalat hingga Maghrib, waktu telah menjelang malam, lalu kami selesai. Dan itulah firman Allah 'Azza wa Jalla yang mengatakan, "Dan Allah telah selamatkan orang-orang mukmin dari berperang, karena Allah itu yang Maha Kuat dan Gagah (QS. Al-Ahzaab : 25)". Abu Sa'id berkata, "Kemudian Rasulullah SAW memanggil Bilal, lalu Bilal qamat untuk shalat Dhuhur, kemudian Nabi SAW shalat Dhuhur dan beliau baguskan shalatnya itu, sebagaimana beliau mengerjakannya pada waktunya. Kemudian Rasulullah SAW menyuruh Bilal supaya qamat, maka Bilal pun qamat untuk shalat 'Ashar. Kemudian Nabi SAW shalat 'Ashar dan beliau baguskan shalatnya itu sebagaimana beliau mengerjakannya pada waktunya. Kemudian Nabi SAW menyuruh Bilal supaya qamat, maka Bilal pun qamat untuk shalat Maghrib. Kemudian Nabi SAW mengerjakan shalat seperti itu juga". Abu Sa'id berkata, "Yang demikian itu adalah sebelum Allah 'Azza wa Jalla menurunkan firman-Nya tentang shalat khauf, yaitu : Tetapi jika kamu takut, maka (kerjakanlah shalat) dengan berjalan kaki atau berkendaraan (QS. Al-Baqarah : 239)". [HR. Ahmad dan Nasai, tetapi Nasai tidak menyebutkan "shalat Maghrib", dalam Nailul Authar juz 2, hal. 33]

Selanjutnya baca ini Keutamaan Sholat




سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar