(kitab Durrotun Nashihiin, hal 16–17)
Diantara Keutamaan Sholat Taraweh dari Hadits yang Shohih
Sayyidina Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.(HR Imam Bukhari no 37 dan Imam Muslim no 759)
Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh Imam Nawawi.
(Al-Minhaj Syarh Shohih Muslim 6 : 39)
Selain itu, beliau beliau juga pernah mengumpulkan keluarga dan para shahabatnya. Lalu beliau bersabda :
مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً
Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.(HR Imam An-Nasai)
Do'a yang bisa dibaca sehabis berbuka puasa sore/petang nanti, Telah menyebutkan seorang ulama yang bernama As-Sayyid Al-wanaai ra : Dari shohabat sayyidina Anas bin Maalik RA beliau berkata : Sayyidina Rosulillah Saw bersabda : Tidaklah seorang muslim yang berpuasa kemudian ketika dia berbuka puasa dia membaca :
يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ أَنْتَ إِلَهِيْ لا اله غَيْرُكَ اِغْفِرِ الذَّنْبَ العَظِيْمَ فَاِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذَّنْبَ العَظِيْمَ إِلَّا العَظِيْمُ
Ya 'adhimu ya 'adhimu angta ilaHiya lailaha ghoiruka ighfiridz dzanbaal 'adhima faainnaha layaghfirudz dzanbaal 'adhim illaal'adhimu.kecuali akan terhapuskan dosa-dosanya seperti hari dilahirkan ibunya
(kitab Kanzun Najaah Was-suruur Syeikh Abdul Hamid Qudsi, Riwayat ini di dapat dari Al-Habib Umar Sholeh Al-Hamid)
Waalloohu A'laam
امين ياربّ العالمين
------------------------------------------------------------------------------
ذِكْرُ أَثَرٍ غَرِيْبٍ وَنَبَأٍ عَجِيْبٍ يَتَعَلَّقُ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ رَوَاهُ الْإِمَامُ أَبُوْ مُحَمَّدِ بْنُ أَبِيْ حَاتِمٍ عِنْدَ تَفْسِيْرِ هَذِهِ السُّوْرَةِ الْكَرِيْمَةِ فَقَالَ:
Menuturkan atsar gharib dan cerita ajib, yang berkaitan dengan Lailatul Qadar. Diriwayatkan oleh Imam Abu Muhammad bin Abi Hatim ketiak menafsiri surat ini (Innaa anzalnaahu). Beliau berkata:حَدَّثَنَا أَبِيْ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِيْ زِيَادٍ الْقَطَوَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَيَّارُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ سَعِيْدٍ يَعْنِي الرَّاسِبِيَّ عَنْ هِلَالِ بْنِ أَبِيْ جَبَلَةَ، عَنْ أَبِيْ عَبْدِ السَّلَامِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ كَعْبٍ أَنَّهُ قَالَ: إِنَّ سِدْرَةَ الْمُنْتَهَى عَلَى حَدِّ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ مِمَّا يَلِي الْجَنَّةَ فَهِيَ عَلَى حَدِّ هَوَاءِ الدُّنْيَا وَهَوَاءِ الْآخِرَةِ، عُلُوُّهَا فِي الْجَنَّةِ وَعُرُوْقُهَا وَأَغْصَانُهَا مِنْ تَحْتِ الْكُرْسِيِّ،
....dari Ka’ab, bahwasanya beliau berkata:Sesungguhnya Sidratul Muntaha berada diatas batas langit ke tujuh disisi syurga. Sidratul Muntaha tsb berada diatas batas atmosfir dunia dan atmosfir akhirat. Puncaknya didalam syurga, akar dan cabang-cabangnya dibawah al Kursi.
فِيْهَا مَلَائِكَةٌ لَا يَعْلَمُ عِدَّتَهُمْ إِلَّا اللهُ عَزَّ وَجَلَّ، يَعْبُدُوْنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى أَغْصَانِهَا فِيْ كُلِّ مَوْضِعِ شَعْرَةٍ مِنْهَا مَلَكٌ وَمَقَامُ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ فِيْ وَسَطِهَا
Didalam Sidratul Muntaha terdapat Malaikat yang tidak mengetahui bilangannya kecuali Allah ‘Azza wa Jalla. Mereka beribadah kepda Allah diatas dahannya. Disetiap tempat serabut dari dahan-dahannya terdapat satu Malaikat. Adapun maqom Jibril berada di tengah-tengah Sidratul Muntaha.فَيُنَادِي اللهُ جِبْرِيْلَ أَنْ يَنْزِلَ فِيْ كُلِّ لَيْلَةِ الْقَدْرِ مَعَ الْمَلَائِكَةِ الَّذِيْنَ يَسْكُنُوْنَ سِدْرَةَ الْمُنْتَهَى وَلَيْسَ فِيْهِمْ مَلَكٌ إِلَّا قَدْ أُعْطِيَ الرَّأْفَةَ وَالرَّحْمَةَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ.
Maka Allah memanggil Jibril agar turun pada setiap Lailatul Qadar bersama para Malaikat penghuni Sidrotul Muntaha. Dalam Malaikat-Malaikat tsb tiada lain kecuali diberi belas kasihan dan rahmat terhadap oang-oang mukmin.فَيَنْزِلُوْنَ مَعَ جِبْرِيْلَ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ حِيْنَ تَغْرُبُ الشَّمْسُ، فَلَا تَبْقَى بُقْعَةٌ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ إِلَّا وَعَلَيْهَا مَلَكٌ إِمَّا سَاجِدٌ وَإِمَّا قَائِمٌ يَدْعُوْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، إِلَّا أَنْ تَكُوْنَ كَنِيْسَةٌ أَوْ بِيْعَةٌ أَوْ بَيْتُ نَارٍ أَوْ وَثَنٍ أَوْ بَعْضُ أَمَاكِنِكُمُ الَّتِيْ تَطْرَحُوْنَ فِيْهَا الْخَبَثَ، أَوْ بَيْتٌ فِيْهِ سَكْرَانُ أَوْ بَيْتٌ فِيْهِ مُسْكِرٌ أَوْ بَيْتٌ فِيهِ وَثَنٌ مَنْصُوْبٌ، أَوْ بَيْتٌ فِيهِ جَرَسٌ مُعَلَّقٌ أَوْ مَبْوَلَةٌ أَوْ مَكَانٌ فِيْهِ كَسَاحَةُ الْبَيْتِ،
Maka pada Lailatul Qadar tatkala matahari mulai terbenam turunlah para Malaikat bersama Jibril . Pada Lailatul Qadar tidak ada sejengkal tanahpun kecuali disitu terdapat Malaikat, ada yang sujud dan ada yang berdiri untuk mendoakan orang-orang mumin laki-laki dan perempuan, kecuali kanisah (tempat peribadatan nasrani) atau bii’at (tempat peribadatan yahudi) atau ada rumah api (tempat peribadatan majusi), atau berhala, atau sebagian tempat-tempat pembuangan sampah kalian, atau rumah yang di dalamnya terdapat orang mabuk, atau nrumah yang terdapat barang-barang yang memabukkan, atau rumah yang dipasang patung berhala, atau rumah yang di dalamnya digantungkan sebuah lonceng, atau wadah kencing , atau tempat yang ada sapuan sampah rumah.فَلَا يَزَالُوْنَ لَيْلَتَهُمْ تِلْكَ يَدْعُوْنَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَجِبْرِيْلُ لَا يَدَعُ أَحَدًا مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ إِلَّا صَافَحَهُ، وَعَلَامَةُ ذَلِكَ مَنِ اقْشَعَرَّ جِلْدُهُ وَرَقَّ قَلْبُهُ وَدَمَعَتْ عَيْنَاهُ فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ مُصَافَحَةِ جِبْرِيْلَ
Pada malam tersebut para Malaikat tidak henti-hentinya mendoakan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Jibril tidak meninggalkan satupun orang-orang mukmin kecuali mengajaknya bersalaman. Tandanya bersalaman dengan Jibril : orang tersebut menggigil badannya (gemeter. Jw) , hatinya menjadi lunak, dan berlinang air matanya. Maka sesungguhnya yang demikian itu tandanya berjabatan dengan Jibril.Sumber
Tafsir Ibn Katsier juz 8 halaman 452
Wallaahu A’lamu bihshowaab
Dalam kitab al Ghunyah halaman 264:
ثم يقول جبريل عليه السلام للملائكة تفرقوا . فيتفرقون فلا تبقى دار ولاحجرة ولا بيت ولا سفينة فيها مؤمن أو مؤمنة إلا دخلت الملائكة فيها إلا بيت فيه كلب أو خنزير أو خمر أو جنب من حرام أوصورة
-------------------------------------------------------------------------Dalam kitab Duratun-Nashihin
Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah dari Siti 'Aisyah, "Apabila aku menemukan Lailatul Qadar, maka aku akan memperbanyak doa; AS'ALULLAHA AL'AFWA WAL 'AAFIYAH. "
Dalam kitab Duratun-Nashihin, Rasulullah berkata, "Pada malam Lailatul Qadar akan turun empat bendera, yaitu Liwa'ul Hamdi (Bendera pujian), Liwa'ul Rahmah(bendera kasih sayang), Liwa'ul Maghfirah(bendera ampunan) dan Liwa'ul Karamah(bendera kemuliaan). Pada tiap bendera diiring oleh 70rb Malaikat, dan pada tiap bendera ada lafazh 'Laa Ilaaha Illallah Muhammadur-Rasulullah'. Siapa yang pada malam Lailatul Qadar membaca 'Laa ilaaha illallah Muhammadur-Rasulullah' hingga 3x, maka pada tiap satu bacaan akan menyelamatkannya dari api neraka dan memasukannya ke dalam surga. " dan Liwa'ul Hamdi akan dikibarkan di antara langit dan bumi, Liwa'ul Maghfirah dikibarkan di atas makbarah Rasulullah, Liwa'ul Rahmah dikibarkan diatas ka'bah dan Liwa'ul Karamah dikibarkan diatas batu(pijakan malaikat jibril) dibaitul Maqadas, pada malam tersebut tiap Malaikat dari pengiring bendera akan mendatangi pintu rumah orang muslim dgn 70x dan bersalam.
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar