Sabtu, 11 Juli 2015

Hukum Sholat tasbih komplit

DASAR HUKUM SHOLAT TASBIH

PERTANYAAN
Assalaamu'alaykum wr.wb.
Mohon pencerahannya dr poro alim
Apakah ada dasar dari Qur'an atau hadits tentang Sholat Tasbih ?
Mohon dalilnya .. matur suwun

JAWABAN
Tentang shalat tasbih yang ditanyakan, nash haditsnya adalah sebagai berikut,

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَـلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ المُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلاَ أُعطِيْكُ أَلاَ أَمْنَحُكَ أَلاَ أَحَبُوِكَ أَلاَ أَفَعَلُ بِـكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْـتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوْلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمـَهُ وَحَدِيْثَهُ خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيْرَهُ وَكَبِـيْرَهُ سِـرَّهُ وَعَلاَنِيَـتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبـَعَ رَكَعَاتٍ تَكْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الكِتَابِ وَسُورَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَائَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِ لِلَّهِ وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَهْوِي سَـاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَـاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْـجُدُ فَتَقُولُهَا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ بُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَـنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُركَ مَرَّةً
“Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda kepada Abbas bin Abdul Muththalib, “Hai Abbas, hai pamanku, maukah engkau aku beri? Maukah engkau aku kasih? Maukah engkau aku beri hadiah? Maukah engkau aku ajari sepuluh sifat (pekerti)? Jika engkau melakukannya, Allah mengampuni dosamu: dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, sepuluh macam (dosa). Engkau shalat empat rakaat. Pada setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan satu surat (al-Quran). Jika engkau telah selesai membaca (surat) pada awal rakaat, sementara engkau masih berdiri, engkau membaca, ‘Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, wallahu akbar’ sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari ruku’, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau turun sujud, ketika sujud engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu dari sujud, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau bersujud, lalu ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Kemudian engkau angkat kepalamu, maka engkau ucapkan (dzikir) itu sebanyak 10 kali. Maka itulah 75 (dzikir) pada setiap satu rakaat. Engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Jika engkau mampu melakukan (shalat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali dalam umurmu.”

Takhrij Hadits

Hadits riwayat Abu Dawud 1297; Ibnu Majah, 1387; Ibnu Khuzaimah, 1216; al-Hakim dalam Mustadrak, 1233; Baihaqi dalam Sunan Kubra, 3/51-52, dan lainnya dari jalan Abdurrahman bin Bisyr bin Hakam, dari Abu Syu’aib Musa bin Abdul Aziz, dari Hakam bin Abban, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas. Sanad ini berderajat hasan.

Hadits ini juga memiliki banyak jalan yang menguatkan, sehingga sangat banyak ulama Ahli Hadits yang menguatkannya. Dalam riwayat lain disebutkan,

عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ قَالَ حَدَّثَنِي رَجُل كَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ يَرَوْنَ أَنَّهُ عَنَّهُ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ائْتِنِي غَدًا اَحءبُوكَ وَأُثِـيْبُكَ وَأَعْطِيْكَ حَتَّى ظَنَنءتُ أَنَّهُ يُعْطِينِي عَطِيَّة قَالَ إِذَا زَالَ النَّهَارُ فَقثمْ فَصَلّ أَرْبَـعَ رَكَعَاتٍ فَذَكَرَ نَحَوَهُ قَالَ ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَـكَ يَعْنِي مِنْ السَّجْدَةِ الثَّالِيَةِ فَاسْتَوِ جَالِسًا وَلاَ تَقثمْ حَتَّى تُسَبِّحَ عَشْرًا وَتَحْمَدَ عَشْرًا وَتُكَبِّرَ عَشْرًا وَتُهَلِّلَ عَشْرًا ثُمَّ تَصْنَعَ ذَلِكَ فِي الأَرْبَعِ الرَّكَعَاتِ قَالَ فَإِنَّكَ لَوْكُنْتَ أَعُظَمُ أَهْلِ الْـأَرْضِ ذَنْبًا غُفِرَ لَكَ بِذَلِكَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ أَنْ أُصَلِّيَهَا تِلْكَ الـسَّـاعَةَ قَالَ صَلِّهَا مِنْ اللَّيْـلِ وَالنَّهَار
“Dari Abul Jauza’, dia berkata, ‘Telah bercerita kepadaku seorang laki-laki yang termasuk sahabat Nabi. Orang-orang berpendapat, dia adalah Abdullah bin Amr, dia berkata, ‘Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, ‘Datanglah kepadaku besok pagi. Aku akan memberimu hadiah, aku akan memberimu kebaikan, aku akan memberimu.’ Sehingga aku menyangka, bahwa beliau akan memberiku suatu pemberian. Beliau bersabda, ‘Jika siang telah hilang, berdirilah, kemudian shalatlah empat rakaat’ (Kemudian dia menyebutkan seperti hadits di atas) Beliau bersabda, ‘Kemudian engkau angkat kepalamu –yaitu dari sujud kedua-, lalu duduklah dengan sempurna, dan janganlah kamu berdiri sampai engkau bertasbih sepuluh kali, bertahmid sepuluh kali, bertakbir sepuluh kali, dan bertahlil sepuluh kali. Kemudian engkau lakukan itu dalam empat rakaat. Sesungguhnya, jika engkau adalah penduduk bumi yang paling besar dosanya, engkau diampuni dengan sabab itu.’ Aku (sahabat itu) berkata, ‘Jika aku tidak mampu melakukannya pada saat itu?’ Beliau menjawab, ‘Shalatlah di waktu malam dan siang.’” (HR. Abu Dawud, no. 1298).

Juga diriwayatkan Thabarani dan Ibnu Majah, no. 1386, pada akhir hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَلَوْ كَانَتْ ذُنُوْبُكَ مِثْلَ رَمْلِ عَالِجٍ غَفَرَهَا اللهُ لَكَ
“Seandainya dosa-dosamu semisal buih lautan atau pasir yang bertumpuk-tumpuk, Allah mengampunimu.

TATACARA SHOLAT TASHBIH

Assalamu  'alaikum. Sholat tasbih  brpa raka'at dan bagaimana tata caranya?

Wa'alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh

Empat rakaat
Setiap rakaat membaca 75 kali ''subhaanallah walhamdulillahi wala ilaha illallahu wallahu akbar''
dengan perincian: 15 kali sesudh membaca fatihah,10 kali pada setiap ruku',i'tidal,sujud dua kali dan duduk di antara dua sujud sehingga -jumlah semuanya  50 kali tasbih , yg di bc sesudh masing2 dzikir yg brlaku dlm masing2 rukun tersebut..
dan 10 kali pada duduk istirahah.

Untuk duduk istirahah ini carax, stlh slsai sujud kedua, lalu mulai duduk, terlebih dahulu takbir, dan ktk brdiri g ush tkbr..
Untuk raka'at yg tdk ada duduk istirahahx,  maka pembca'an tasbih 10 kali ini di letakkan setelah duduk tasyahud sebelum membca tasyahud. .
  
Untuk lbh jelasnya lihat di fathul mu'in..
Mungkin tmn2 yg lain ada yg nambahin.

assalaamu'alaikum..saya pernah jama'ah slt tasbih..
ko cuma 2 rakaat ya? mhon jabarin dong....
tp qlu kt guru ngaji sih 4 rakaat..

yg mi maksud 4 raka'at 2 x salam,.
Ada tambahan lg g,.

Wa'alaikum salam wr wb
4 rokaat dgn 1 salam atau dua kali slm blh. .
Kalo hanya 2 rokaat?? .. Monggo dibahas :)

Wa'alaikumsalam wr wb
 ومنه صلاة التسابيح
وهي أربع ركعات بتسليمة واحدة وهو الأحسن نهارا أو بتسليمتين وهو الأحسن ليلا لحديث صلاة الليل مثنى مثنى وصفتها أن تحرم بها وتقرأ دعاء الافتتاح والفاتحة وشيئا من القرآن إن أردت والأولى في ذلك أوائل سورة الحديد والحشر والصف والتغابن للمناسبة في ذلك فإن لم يكن فسورة الزلزلة والعاديات وألهاكم والإخلاص ثم تقول بعد ذلك وقبل الركوع سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم خمس عشرة مرة وفي الركوع عشرا وفي الاعتدال عشرا وفي السجود الأول عشرا وفي الجلوس بين السجدتين عشرا وفي السجود الثاني عشرا وفي جلسة الاستراحة أو بعد التشهد عشرا فتلك خمسة وسبعون في كل ركعة منها فأربعة في خمسة وسبعين بثلاثمائة ويأتي قبل هذه التسبيحات بالذكر الوارد في هذه الأركان وهذه رواية ابن عباس وهي أرجح من رواية ابن مسعود وهي بعد التحرم وقبل القراءة خمس عشرة مرة وبعد القراءة وقبل الركوع عشرا وفي الركوع عشرا وفي الاعتدال عشرا وفي السجود الأول عشرا وفي الجلوس بين السجدتين عشرا وفي السجود الثاني عشرا ولا شيء في جلوس الاستراحة ولا بعد التشهد وفيما عدا الركعة الأولى يقول الخمسة عشر بعد القيام وقبل القراءة فإن استطعت أن تصليها في كل يوم فافعل فإن لم تستطع ففي كل شهر مرة فإن لم تستطع ففي كل سنة مرة فإن لم تستطع ففي عمرك مرة فإن لم يفعلها أصلا دل ذلك على تكاسله في الدين
ويدعو بعد التشهد الأخير بهذا الدعاء اللهم إني أسألك توفيق أهل الهدى وأعمال أهل اليقين ومناصحة أهل التوبة وعزم أهل الصبر ووجل أهل الخشية وطلب أهل الرغبة وتعبد أهل الورع وعرفان أهل العلم حتى أخافك اللهم إني أسألك مخافة تحجزني عن معاصيك حق أعمل بطاعتك عملا أستحق به رضاك وحتى أناصحك في التوبة وخوفا منك حتى أخلص لك النصيحة وحتى أتوكل عليك في الأمور كلها وحتى أكون حسن الظن بك سبحان خالق النور

Artinya :
Diantara sholat yang disunahkan adalah sholat TASBIH
Sholat TASBIH berjumlah 4 rokaat yang baik dengan sekali salam bila dilakukan di siang hari dan dengan dua kali salam bila di lakukan di malam hari berdasarkan hadits nabi “sholat malam dua rokaat, dua rokaat”

Tata cara sholat Tasbih :

    1. Takbiratul Ihram (bersamaan niat)
    2. Membaca doa iftitah
    3. membaca Surat Alfaatihah
    4. membaca surat-surat dari alquran bisa memakai surat permulaan surat alhadiid, surat alhasyri, surat shoff dan surat attaghoobun karena keempat surat ini memiliki kecocokan dengan sholat tasbih bila tidak boleh memakai surat azzalzalah, al’aadiyaat, attakaatsur dan al-ikhlas
  
5. membaca
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 15 kali (sebelum ruku)
  
6. Ruku dan membaca
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
7. I’tidal dan membaca
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
8. sujud dan membaca
 سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
9. Duduk diantara dua sujud dan membaca
 سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
    “Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
10. Sujud yang kedua dan membaca
 سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
11. Duduk istirohah (sebelum bangun untuk berdiri) dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
  
12. Tasyahud dan membaca
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Sebanyak 10 kali
Maka hitungan bacaan tasbih سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
“Subhaanallah wal hamdulillah wa laailaaha illa alloohu wallaahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi”
Dalam setiap rokaat menjadi 75 kali

Hitungan jumlah tasbih dan penempatannya seperti ini paling kuatnya pendapat diantara hadits riwayat Ibni mas’ud ra. :

”Setelah takbiratul ihram 15 kali, setelah membaca fatihah sebelum membaca surat 10 kali, dalam rukuk, I’tidal sujud awal dan ke dua serta duduk dianta dua sujud masing-masing 10 kali dengan tidak membaca tasbih pada duduk istirohat dan setelah tasyahhud, kemudian setelah berdiri membaca tasbih 15 kali begitu juga setelah selesai membaca fatihah sebelum membaca surat 15 kali”

Bila engkau mampu melakukan sholat tasbih tiap hari maka lakukan, bila tidak mampu boleh sebulan sekali, setahun sekali bahkan seumur hidup sekali, bila tidak berarti anda termasuk orang malas dalam menjalani agama,

Dan berdoalah setelah usai tasyahhud akhir *sebelum salam) dengan memakai doa

DOA SOLAT TASBIH


اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ
اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ.
والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّ
العَالَمِيْنَ
" Ya Allah aku meminta padaMu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang
Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridloMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya".
(Nihaayah Azzain I/115)

Shalat Sunat Tasbih (Tata cara)


Shalat sunat tasbih
Para 'Ulama menyebutkan bahwa yang lebih utama pada malam nishfu Sya’ban adalah melaksanakan shalat tasbih yang diajarkan Nabi Muhammad Saw kepada Paman beliau, Sayyidina ‘Abbas ra sebagaimana disebutkan oleh Imam Ahmad bin Hijazi al-Fasyani dalam kitabnya, Tuhfat al-Ikhwan fi Qiraat al-Mi'ad fi Rajab wa Sya'ban, cet. II (Mesir: al-Kastaliyah, 1297 H), hal. 65.

Shalat tasbih berjumlah 4 raka’at dengan sekali salam bila dilakukan di siang hari dan dengan dua kali salam bila di lakukan di malam hari.
Tata cara shalat tasbih:

Takbiratul-Ihram (bersamaan niat).
Membaca do’a Iftitah.
Membaca Surat al-Faatihah.
Membaca surat-surat dari al-Qur`an, bisa memakai surat permulaan yaitu surat al-Hadiid, surat al-Hasyr, surat Shaff dan surat al-Taghabun ataupun memakai surat al-Zalzalah, al-‘Adiyat, al-Takatsur dan al-Ikhlas.
  
Membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 15 kali (sebelum ruku’).
  
Ruku’ dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
I’tidal dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
Sujud dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
Duduk di antara dua sujud dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
Sujud yang kedua dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
Duduk Istirahah (sebelum bangun untuk berdiri) dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.
  
Tasyahud dan membaca سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم sebanyak 10 kali.

Semuanya berjumlah 75 kali tasbih dalam setiap raka’at.

Dan berdo’a setelah usai tasyahud akhir sebelum salam dengan memakai doa :

 اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرُ. والصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

"Ya Allah aku meminta pada-Mu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nashihat-nashihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (pada-Mu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (pada-Mu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara syubhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya aku meminta pada-Mu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan pada-Mu, sehingga dengan taat pada-Mu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridha-Mu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan pada-Mu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan pada-Mu karena wujudnya prasangka baik kepada-Mu. Maha Suci lah Allah Sang Pencipta Cahaya".

Hukum shalat tasbih berjamaah

Salah satu amalan yang lazim di kerjakan oleh kaum muslimin pada malam Nisfu Sya’ban adalah shalat sunat tasbih yang umumnya di kerjakan secara berjamaah, padahal shalat tasbih tidaklah termasuk dalam shalat sunat yang di syariatkan berjamaah!

Bagaimanakah hukumnya melaksanakan shalat sunat tasbih secara berjamaah?

Jawaban:
Shalat tasbih tidak termasuk dalam shalat sunat yang di syariatkan di kerjakan secara berjamaah. Namun boleh saja di kerjakan secara berjamaah tetapi tidak mendapat pahala jamaah kecuali bila bermaksud untuk mengajarkan dan mengajak masyarakat awam untuk melaksanakan shalat tasbih maka perbuatan tersebut mendapat pahala kebaikan juga. Sebagaimana keadaan saat ini bila bukan di kerjakan secara berjamaah bersama-sama, masyarakat awam tidak akan pernah mau melaksanakan shalat tasbih.

Bahkan menurut Imam Ibnu Qasim shalat tasbih berjamaah tersebut tetap di berikan pahala jamaah juga sebagaimana di kutip oleh Imam Ali Syibramalasi dalam Hasyiah Nihayatl Muhtaj.

Akan tetapi bila di takutkan akan timbul persepsi bagi masyarakat awam bahwa shalat tasbih ini termasuk dalam shalat yang di syariatkan berjamaah, maka pelaksanaan shalat tasbih secara berjamaah tidak di bolehkan.

Referensi:
Hasyiah Bujairimi `ala Syarh Minhaj Jilid 1 Hal 361 Dar Kutub Ilmiyah

قوله: قسم لا تسن له جماعة) أي: دائما وأبدا بأن لم تسن له أصلا، أو تسن في بعض الأوقات كالوتر في رمضان، ولو صلى جماعة لم يكره، لكن لا ثواب فيها وحينئذ يقال لنا: جماعة لا ثواب فيها ح ل. وذهب سم إلى حصول ثواب الجماعة واعتمد شيخنا ح ف كلام ح ل ونقل ع ش عن سم على حج أنه يثاب عليها، وإن كان الأولى تركها، وهو بعيد اهـ وعبارة ع ش على م ر، واستشكل بأن خلاف الأولى منهي عنه والنهي يقتضي عدم الثواب إلا أن يقال: لم يرد بكونه خلاف الأولى كونه منهيا عنه، بل إنه خلاف الأفضل، أي فيكون في مقابلة فضل. وبدأ بهذا القسم مع أفضلية الثاني لتكرره كل يوم وتبعيته للفرائض، وراجع مشروعية النفل كانت في أي وقت. اهـ شوبري

Nihayatul Muhtaj dan Hasyiah Syibra Malasi Jilid 2 Hal 107 Dar Fikr

 صلاة النفل قسمان: قسم لا يسن جماعة) بنصبه على التمييز المحول عن نائب الفاعل: أي لا تسن فيه الجماعة، ولو صلي جماعة لم يكره لا على الحال لفساد المعنى، إذ مقتضاه نفي السنية حال الجماعة لا الانفراد، وهو غير صحيح
قوله: ولو صلى جماعة لم يكره) أي ويثاب على ذلك. اهـ سم على حج بالمعنى.
وهل الأولى ترك الجماعة فيه كما مر في اقتداء المستمع بالقارئ أو لا ويفرق؟ فيه نظر. والظاهر عدم الفرق فيكون فعلها في الجماعة خلاف الأولى، وقد يشعر به جعلها كذلك في صلاة الليل كما يفهم من قول المحلي في التراويح، ومقابل الأصح أن الانفراد بها أفضل كغيرها من صلاة الليل لكنه يشكل على كونه خلاف الأولى حصول الثواب فيها فإن
خلاف الأولى منهي عنه، والنهي يقتضي عدم الثواب، إلا أن يقال لم يرد بكونه خلاف الأولى كونه منهيا عنه بل إنه خلاف الأفضل

Bughyatul Mustarsyidin Hal 67 Cet. syirkah Ma’arif, Bandung

مسألة : ب ك) : تباح الجماعة في نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة في ذلك ولا ثواب ، نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب ، وأي ثواب بالنية الحسنة ، فكما يباح الجهر في موضع الإسرار الذي هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة ، وكما يثاب في المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوّي بالأكل على الطاعة ، هذا إذا لم يقترن بذلك محذور ، كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها.

Tuhfatul Muhtaj Jilid 2 Hal 241 Dar Fikr

 صلاة النفل قسمان قسم لا يسن جماعة) تمييز محول عن نائب الفاعل لا حال لفساد المعنى إذ مقتضاه نفي سنيته حال الجماعة لا الانفراد وهو فاسد بل هو مسنون فيهما، والجائز بلا كراهة هو وقوع الجماعة فيه

Qaul Jamik an-Najih (Majmuk Sab’ah al-Kutub Mufidah) hal 172 Haramain

تتمة : وفى فتاوى الكردى رحمه الله تعالى ليست صلاة التسبيح من النفل الذى تشرع فيه الجماعة لكن مذهب الشافعى رضي الله عنه أن النفل الذى تشرع الجماعة فيه تسن الجماعة فيه ويثاب عليها زما لا فلا ولا يحصل فيه ثواب الجماعة لعدم مشروعيتها فيه ولكن ثواب النفل نفسه يحصل ولا ينقص منه شيء وليست الجماعة فيه مكروهة إذ لا يوجد فى مذهب الشافعى نقل تكره الجماعة فيه كما هو مقرر بل ان انضم إلى فعلها جماعة فصدا لتعليم العوام كان نورا على نور وأطال إلى أن قال نعم إن كان يخاف من فعله إقتداء العوام به فى ذلك واعتقادهم مشروعية الجماعة فى صلاة التسبيح فلا يبعد حينئذ جواز الإنكار بل وحوبه فى حق الأمر
----------------------------------------------------------------------------------

Hukum memanjangkan sujud terakhir


PERTANYAAN :
Ahmada Berseri
السلام عليكم ايهاالاخوان
ada pertanyaan nie. Apa hukum nya memperpanjang sujud terakhir ketika sholat dengan bacaan tasbih atau do'a?... Atas jawabannya sebelum dan sesudahnya terima kasih.

JAWABAN :
1.
Wa alaikumus salaam warohmatulloh, dalam sujud/ruku' disunnahkan menambah tasbih hingga 5, 7, 9 atau 11 kali kemudian ditambah doa terutama doa yang warid dari Rasulullah, bagi orang yang shalat sendiri atau bagi imam yang mengetahui kerelaan makmumnya untuk memperpanjang sujud dan jumlah makmumnya sedikit sehingga mungkin diketahui kerelaannya, dan juga bagi makmum karena mengikuti imamnya. Sedangkan makmum yg imamnya tidak memanjangkan sujud serta imam yang tidak bisa mengetahui kerelaan makmumnya karena jumlah makmum yang banyak maka tidak disunnahkan memanjangkan sujud/ruku' dengan tasbih dan doa.

2.
وأدنى الكمال ثلاثة وأن يكثر فيه من الدعاء - شرح الرياض البديعة
Syeikh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Al-Riyadlu Al-Badi'ah Hal 35 mengatakan : Sunah ketika ruku' membaca "SUBHANA ROBIYAL A'LA WABIHAMDIHI".
Dan sempurna yg paling sedikit adalah dibaca tiga kali.
Dan sunah menambahkan kalimah "SUBBUHUN QUDDUUSUN ROBBUNAA WA ROBBUL MALAAIKATU WARRUUHU".
Dan sunah bagi MUNFARID menambahkan do'a
"SAJADA WAJHIY LILLADZI KHOLAQOHU WASHOWWAROHU WASYAQQO SAM'AHU WA BASHOROHU,PATABAAROKALLAHU AHSANAL KHOLIQIIN". seperti diriwayatkan dari sayyidina ali r.a ,dan hal ini disunahkan menurut asy-syafi'iyyah. Dan sunah memperbanyak do'a ketika sujud,sebagaimana diriwayatkan imam muslim : "AQROBU MAA YAKUNUL 'ABDU MIN ROBBIHI WA HUWA SAAJIDUN,PA AKTSIRUU AL-DU'Aa".
- Boleh menambahkan do'a dari ayat" alqur'an setelah membaca do'a dan tasbih yg telah warid. - Boleh menambah do'a dan dzikir ini bagi munfarid dan imam mahshurin, - Bagi imam ghoir mahshur atau tdk ada izin dari ma'mum untuk menambah do'a,maka yg lbh utama hanya membaca tasbiih saja 3x.
Wallahu a'lam

3.
Memperpanjang sujud itu sunnah Termasuk sujud terakhir baik dgn tasbih yg sudah masyhur ( Subhana robbiyal A'laa wabihamdihi ) atau dgn Do'a yg di tentukan

Ta'bir atau referensinya:

قوله ( والتثليث أدنى الكمال ) واقله أن يقول ذلك مرة / ثﻻث وأكمله إحدى عشرة نظير ما مر في الركوع ، ويزيد المنفرد  اللهم لك سجدت وبك أمنت ، ولك أسلمت ، سجد وجهي للذى خلقه وصوره ، وشق سمعه وبصره تبارك الله أحسن الخالقين ، وألحق به إمام قوم محصورين رضوا بالتطويل .
حاشية الشرقاوى -ج.1 ص 437-438 )
.والله أعلم بالصواب

4.
[ شرح النووي على صحيح مسلم ]الكتاب : المنهاج شرح صحيح مسلم بن الحجاجالمؤلف : أبو زكريا يحيى بن شرف بن مري النوويالناشر : دار إحياء التراث العربي - بيروتالطبعة الطبعة الثانية ، 1392عدد الأجزاء : 18
والمريض وإذا صلى وحده فليصل كيف شاء ) وفي رواية وذا الحاجة معنى احاديث الباب ظاهر وهو الأمر للإمام بتخفيف الصلاة بحيث لا يخل بسنتها ومقاصدها وأنه إذا صلى لنفسه طول ما شاء في الأركان التي تحتمل التطويل وهي القيام والركوع والسجود والتشهد دون الاعتدال والجلوس بين السجدتين والله أعلم
(4/184)

5.
Disunnahkan bagi orang yang sholat sendirian ataupun imam dengan jamaah tetapnya yang rela bila si imam memperlama sujudnya untuk memperbanyak doa. Karena keadaan sujud merupakan salah satu dari beberapa keadaan doa itu diijabahi
AT-TARMASIY juz 3 hal.45-47Cet. Dar al-Minhaj
( و ) يسن ( ايضا اجتهاد المنفرد ) وامام من مر ( في الدعاء في سجوده ) سيما بالمأثور فيه ، وهو كثير ، لخبر مسلم (( اقرب ما يكون العبد من ربه - اي من رحمته ولطفه وانعامه عليه - وهو ساجد ، فأكثروا فيه من الدعاء )).......قوله : ( وامام من مر ) اي : قوم محصورين رضوا بالتطويل بالشروط السابقة ، والمأموم تابع لإمامه....قوله : ( في الدعاء ) اي : بما يحبه....قوله : ( لخبر مسلم ) دليل لسن الاجتهاد في الدعاء...
قوله ; ( فأكثروا فيه ) اي : في السجود

6.
فيه استحباب الدعاء فى اخرالصلاة قبل السلام وفيه انه يجوز الدعاء بما شاء من امور الاخرة والدنيا مالم يكن اثما وهذا مذهبنا ومذهب الجمهور.
(المنحاج شراح صحيح مسلم ج ١٤ ص ١١٧).

Wallohu a'lam bis showab

SHOLAT TASBIH : SUJUD SAHWI KAH BILA TIDAK BACA TASBIH ?


seperti yg kita ketahui bersama bhw pelaksanaan sholat TASBIH itu berdeda dg sholat pd umumnya, yaitu jumlah bacaan tasbih yg telah ditentukan secara khusus.

Pertanyaannya:
apakah dsunnahkan sujud sahwi kalau tdk membaca tasbih yg sesuai dg aturan ??

Klu sy blh memberi masukan ketika seseorang yg sdg melaksanakan sholat tashbih tp dia tdk membaca sesuai dg aturan, mk di sunnahkan sujud sahwi.

Penyebab2 disunnahkan sujud sahwi

        1.melakukan sesuatu dimana jika dilakuka secra sengaja membatalkan sholat.
        2.meninggalkan sunnah ab'aadh atau bagian dari suatu sunnah ab'adh.
        3. memindahkan rukun qouliy bukan pada tempatnya,,
        4. memastikan melakukan suatu rukun fi'liy disaat berkemungkinan terjadi penambahan dikarenakannya.

Pada empat perkara diatas persoalan ketentuan jumlah tasbich yang hendaknya dibaca bila DILAKUKAN tidak sesuai aturannya maka tidak ada ketentuan sujud sahwi..

trus gmn sholat tasbihnya kang Zaine Elarifine Yahya kl dkerjakan sprti sholat yg lain?
sdgkn yg memBEDAkan antara sholat tasbih dg sholat yg lain itu adalah bacaan TASBIH (dg ketentuan & jumlah khusus) tsb.

jd menurut pean "status" hukum bacaan tasbih yg dtentukan scra KHUSUS dlm pelaksaan sholat tasbih, sekaligus sbg ciri pembeda antara sholat tasbih dg sholat yg lain, itu SAMA dg bacaan tasbih dlm sholat pd umumnya, yaitu sunnah hai'at?

Demikian adanya .. bacaan tasbich dalam sholat tasbich adalah sunnah hai-at ... silahkan direnungkan kembali..

Sy ingin menyampaikan sebuah ibarot yg terdapat dlm kitab al -ADZKAR an NAWAWIYAH & monggoh kita pahami bersama :

قيل لعبد الله بن المبارك ان سها فى صلاة التسبيح ايسبح فى سجدتي السهو عشرا عشرا قال لا انما هي ثلاثمائة تسبحة وانما ذكرت هذا الكلام فى سجود السهو.
ibarot ini jg trdapat dlm kitab kitab al futuuhatirrobbaniyyah juz 4 no 319 -320.

Faham sy sementara ini di sunnatkan sujud sahwi krn yg membedakan antara sholat tasbih & sholat yg lain adl bacaan tasbih dg jumlah yg husus.

Ditanyakan hal ini : " Apabila lupa AKAN SESUATU dalam sholat tasbiich apakah pelaksananya itu hendaknya sujud sahwi dengan membaca dalam hitungan 10 tasbch juga UTK STIAP SUJUD DARI DUA SUJUD SAHWI itu ?" kepada imam ibnul mubaarok lalu beliau menjawab TIDAK?

Sholat tasbich hanyalah sholat dengan bacaan tasbich sebanyak 300 kali tasbiich....
Aku mengingat ucapan beliau ini dalam penjelasan soal sujud sahwi..
Pertanyaannya menyikapi ta'biir diatas.. SESUATU YANG TERLUPA?
dan mengapa dijawab TIDAK?  yg dimaksud TIDAK itu tidak apa?
Nah,, itu dia yg memerlukan pemikiran lbh dlm lg. Sekali lagi klu menurut faham sementara saya lafadz LA tsb ai LA ASYRON ASYRON & lafadz INNAMA HIYA TSALATSU MI'ATI TASBIHATIN itu lebih menekankan pd jumlah baca'an tasbihnya yg membedakan dg sholat2 yg lain.

(تنبيه) سئل ابن حجر رضي الله عنه عن صلاة التسبيح، هل هي من النوافل المطلقة ؟ أو من المقيدة باليوم أو الجمعة أو الشهر أو السنة أو العمر ؟ وإذا قلتم أنها من النوافل المقيدة، هل يكون قضاؤها مستحبا وتكرارها في اليوم أو
الليلة غير مستحب أم لا ؟ وإذا قلتم أنها من النوافل المطلقة، هل يكون قضاؤها غير مستحب وتكرارها في اليوم والليلة مستحب أم لا ؟ وهل التسبيح فرض أو بعض أو هيئة ؟.
فأجاب رضي الله عنه: الذي يظهر من كلامهم أنها من النفل المطلق، فتحرم في وقت الكراهة.
ووجه كونها من المطلق أنه الذي لا يتقيد بوقت ولا سبب، وهذه كذلك، لندبها كل وقت من ليل أو نهار - كما صرحوا به - ما عدا وقت الكراهة لحرمتها فيه.
كما تقرر وعلم من كونها مطلقة أنها لا تقضى، لانها ليس لها وقت محدود حتى يتصور خروجها عنه وتفعل خارجه، وأنه يسن تكرارها ولو مرات متعددة في ساعة واحدة
والتسبيحات فيها هيئة كتكبيرات العيدين، بل أولى، فلا يسجد لترك شئ منها
<I’anah jilid 1......>

وأما غير الأبعاض من السنن فلا يسجد لتركها هذا هو الصحيح المشهور المعروف ولنا قول قديم شاذ أنه يسجد لترك كل مسنون ذكرا كان أم عملا ووجهه أن من نسي التسبيح في الركوع والسجود سجد
< Almajmu’ IV/125>

Ibnu Hajar menggolongkan solat tashbih sebagai solat muthlaq, tanpa batasan waktu dan tanpa sebab. Termasuk juga kaifiyyatnya dihukumi muthlaq, tidak ada aturan (syarat dan rukun) khusus.
Adapun bacaan tshbih yang hukumnya sunat yg menjadi cirri utama dalam solat ini, tidak cukup dijadikan standar keabsahan solat tashbih. Sehingga ketika bacaan tashbih itu ditinggalkan dengan SENGAJA sekalipun, tidak akan mengganggu status solat, dan tidak cukup pula menjadi alasan dianjurkannya sujud sahwi sbg pengganti.

Berkenaan dengan sujud sahwi yg hubungannya dengan solat tashbih…, bacaan tashbih pada solat tashbih sama halnya seperti bacaan takbir pada solat id yang hukumnya termasuk sunat HAI-AT. Sementara sujud sahwi erat kaitannya dengan sunat AB’ADL.
Jadi, tidak ada sujud sahwi sbg pengganti bacaan tashbih pada sholat tshbih.

Demikian, mohon tela’ah dan koreksinya…
namun dalam kitab almajmu' diatas tetap ada kesunnahan sujud sahwi bila kita mengunakan qoul qodiim yang syaadz ......

Apakah itu juga termasuk dalam persoalan sholat tasbich ini? afwan.

Dalam ibarot yg ada dlm kitab i'anah jelas tdk di anjurkan sujud sahwi tp dlm ibarot yg ada dlm kitab majmu' diterang khilaf & bs jadi ibarot yg ada dlm kitab adzkar adl qoul qodim yg syadz.
pd ktb almajmu' jild 4 hal 125.
ya, setuju kalau mengacu pada wajhu syadz dan qoul hanafi tetap sunat sujud sahwi.
dan bacaan tashbih pun termasuk bagian darinya....

 وتكبيرات العيد الزائدة وسائر الهيئات المسنونات غير الابعاض
dengan pijakan bahwa bacaan tashbih disamakan dengan takbir solat id... demikian...

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar